Beasiswa Lima Pelajar Thailand Kuliah Di Universitas Pancasakti Tegal

Berita : SM PANTURA TEGAL – Lima pelajar Kelas XII dari SMA Prasanwittayamulaniti School dan Pattanakarn Suksa Foundation School Satun, Thailand, bakal berkuliah di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal pada tahun akademik 2020-2021 mendatang.

Itu setelah perguruan tinggi tersebut mengirimkan tujuh orang delegasinya menuju Negeri Gajah Putih, tepatnya di Hatyai University Thailand, selama lima hari, pada Sabtu (5/10) hingga Rabu (9/10), dan melakukan seleksi bagi calon mahasiswa baru untuk perguruan tingginya.

Kunjungan tersebut juga sebagai realisasi dari salah satu isi naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU), UPS Tegal dan Hatyai University Thailand, yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

”Ini juga sebagai bagian integral dari rencana strategis Kemristekdikti untuk mendorong perkembangan perguruan tinggi Indonesia menuju World Class University, Ditjen kelembagaan Iptek dan Dikti, yang secara konsisten memfasilitasi penyelenggaraan program-program kerja sama internasional untuk meningkatkan posisi pendidikan tinggi Indonesia di mata dunia Internasional,” terang Kepala Unit Pelaksana Teknis Kerjasama Urusan Internasional (UPT KUI) UPS Tegal, Dr Yoga Prihatin MPd.

Selain dirinya, utusan perguruan tingginya yang berkunjung ke negeri tersebut adalah, Dr Mohamad Khamim SH MH (Wakil Rektor II), Dr Achmad Irwan Hamzani SHI MAg (Dekan Fakultas Hukum), Dr Sanusi SH MH (Wakil Dekan 2 Fakultas Hukum) Dr Dien Noviany Rahmatika SE MM (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr Dewi Indiarsih SE MM (Wakil Dekan 2 FEB), dan Yuni Utami SE MM (Kaprodi Managament FEB).

Seleksi Wawancara

Kunjungan ketujuh utusan itu, juga menggelar seleksi wawancara terhadap 13 pelajar Kelas XII SMA dari Prasanwittayamulaniti School dan Pattanakarn Suksa Foundation School Satun, Thailand.
Seleksi itu untuk mendapatkan beasiswa S1 reguler di tiga fakultas di UPS Tegal. Yakni, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP, Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Hukum.

Hasil seleksi, terpilih lima pelajar yang berhak mendapatkan beasiswa itu dan akan menjadi calon mahasiswa UPS Tegal di tahun akademik 2020-2021.

Agenda lain kunjungan delegasi perguruan tingginya, yakni penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), dan insiasi program double degree antara FEB perguruan tingginya dan International Business Management Didyasarin International College, Hatyai University.

Upaya melakukan kerjasama serupa (MoA), berupa joint research, reviewer, dan student exchange program, juga dilakukan Fakultas Hukum UPS Tegal dengan Fakultas Hukum Prince of Songkhla University (PSU), Thailand. Tapi penandatanganan naskah kesepakatan baru dapat dilakukan pada November 2019. Karena pihak perguruan tinggi itu menginformasikan akan ada pergantian dekan baru.

Summer Camp

Delegasi UPS Tegal juga bekrunjung ke Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK) Bangkok, Thailand. Mereka berdiskusi untuk merealisasikan kerjasama program Summer Camp Hosted by UPS Tegal, yang rencanannya digelar pada Juli 2020.

Wakil Rektor II Dr M Khamim SH MH mengatakan, agenda Summer Camp adalah kegiatan rutin tahunan promosi perguruan tingginya, juga mempromosikan budaya Tegal, dan tempat-tempat wisata di daerah Brebes, Tegal, dan Pemalang kepada mahasiswa asing.

”Hasilnya cukup positif. Ini lantaran salah satu alasan pelajar Thailand berminat kuliah di UPS Tegal karena tertarik dengan budaya Tegal dan daerah sekitar, juga metode perkuliahannya,” ucap Dr M Khamim SH MH.

Alasan lainnya adalah, promosi pendidikan dan kebudayaan Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang, dilakukan saat pengiriman calon guru dari mahasiswa FIKP yang kuliah kerja lapangan di sejumlah sekolah di Thailand.(Riyono Toepra-red07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *