Akademik

Fakultas Hukum (FH) melaksanakan penelitian (riset) sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam melaksanakan riset, FH berpegang pada Visi Universitas, Fakultas dan Program Studi dimana setiap riset yang dilakukan menuju pada program studi yang unggul dalam pengembangan literasi hukum khususnya hukum acara dan berwawasan global pada tahun 2028.

Hasil riset selanjutnya ditindaklanjuti dengan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, keluaran dari riset akan dipublikasi dan disebarluaskan guna mengembangkan keilmuan hukum yang relevan dengan pembangunan nasional. Untuk itu, Publikasi melalui media bereputasi nasional dan internasional adalah manifestasi dari semangat mendukung pengembangan ilmu hukum agar sejalan dengan pembangunan nasional.

Dalam rangka memotivasi para dosen untuk melakukan riset, Fakultas Hukum menyediakan setidaknya tiga (3) jalur pendanaan riset yaitu melalui :

  1. Pendanaan oleh Pihak Eksternal;
  2. Pendanaan oleh Universitas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
  3. Pendanaan internal Fakultas Hukum.

Pusat Kajian dan Klinik

  • Pusat Kajian Hukum Humaniora dan Pancasila
  • Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum
  • Klinik Hukum Kekayaan Intelektual

Gugus Penjaminan Mutu

Gugus Penjaminan Mutu (GJM) merupakan pelaksanan tugas penting dalam memonitor pelaksanaan dan perekaman seluruh kegiatan akademik di Fakultas Hukum. GJM bertugas membantu Wakil Dekan bidang akademik untuk mengawasi dan mengevaluasi kualitas mutu kegiatan akademik melalui Monev internal. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi internal dilakukan oleh GJM setiap semester berjalan atau dua kali dalam satu tahun.

Dalam rangka menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), GJM menyiapkan dokumen untuk pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas (LPMU) yang dilakukan setiap tahun. GJM bersama Kepala dan Sekretaris  Program Studi melaksanakan Akreditasi Program Studi.