Dosen

Dr. Achmad Irwan Hamzani, SHI. M.Ag.

Kelahiran Pemalang, 15 Juni 1976, menempuh Pendidikan Sarjana Jurusan Siyasah Jinayah dengan gelar Sarjana Hukum Islam (SHI) di Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang Tahun 2003 dan menyelesaikan pendidikan Program Pascasarjana dengan Konsentrasi Hukum Islam dengan gelar Magister Agama Islam (M.Ag.) di IAIN Walisongo Semarang Tahun 2005 serta Program Doktor Ilmu Hukum di Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2015.

Mulai mengajar di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 2010 dan menjadi Dosen Tetap Tahun 2011.

Lulus Sertifikasi sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2015.

Lulus Sertifikat Kompetensi sebagai Asesor Kompetensi Tahun 2016.

Sebelumnya pernah dianahkan menjabat sebagai Ketua GJM Fakultas Hukum, kemudian pernah sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik dan sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal mulai per Pebruari Tahun 2019.

“Berdedikasi Tinggi untuk mencapai yang Terbaik dengan Usaha yang Optimal, Insya Allah akan diberi kemudahan dari Allah SWT”

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pendidikan Agama1. Hukum Islam
2. Metodologi Penelitian & Penulisan Hukum2. Hukum Perkawinan & Waris Islam
3. Politik Hukum Pidana3. Metodologi Penelitian & Penulisan Hukum
4. Hukum Pidana Islam
5. Hukum Perkawinan & Waris Islam
6. Pendidikan Anti Korupsi

Kanti Rahayu, SH. MH. ´╗┐

Kelahiran Ketapang, 20 Oktober 1982, menempuh Pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang tahun 2004 dan menyelesaikan pendidikan Program Magister Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang tahun 2008.

Mengawali karier sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal pada tahun 2010. Aktif dalam kegiatan dalam kampus dan luar kampus, sebagai Narasumber, serta Abdi Masyarakat dan kegiatan lainnya.

Jabatan yang pernah diamanahkan antara lain : Sekretaris GJM, Ketua GJM, Ketua HKI, sebagai Narasumber dalam Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual terkait dengan Hak Paten sebuah produk dan sekarang menjabat sebagi Wakil Dekan I Bidang Akademik Tahun 2019. Lulus Sertifikasi Dosen Tahun 2013 sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum.

“Mensyukuri Segala Nikmat dan Karunia Allah SWT dengan terus belajar Sabar bertekad untuk memberikan yang Terbaik dalam menjalankan Amanah yang diberikan Allah SWT”

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Dagang1. Hukum Perdata
2. Hukum Internasional2. Hukum Asuransi
3. Filsafat Hukum3. Hukum Perusahaan & Transportasi
4. Hukum Perjanjian Internasional4. Etika Profesi Hukum
5. Hukum Kekayaan Intelektual5. Filsafat Hukum
6. Hukum Organisasi Internasional6. Hukum Perbankan
7. Hukum Penanaman Modal Asing
8. Hukum Anti Monopoli & Persaingan Usaha

Dr. Sanusi, SH. MH.

Kelahiran Brebes, 9 Agustus 1962, menjadi seorang Dosen di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 1988, menempuh pendidikan Sarjana dibidang Ilmu Hukum Perdata di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan menyelesaikan Pendidikan Magister Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, serta Program Pendidikan Doktor Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Jabatan yang pernah di Amanahkan antara lain sebagai Dekan Fakultas Hukum 2 Periode sejak Tahun 1999 s.d. 2010, sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik Tahun 2015 dan sebagai Wakil Dekan II Bidang Keuangan Tahun 2019. Lulus Sertifikasi Dosen Tahun 2010 sebagai Doesn Profesional Bidang Ilmu Hukum.

“Hidup adalah Anugerah, disyukuri dan dinikmati, berbuat baik dan menjadikan diri kita bermanfaat untuk orang lain Insya Allah setiap kebaikan kita akan menjadi ibadah.”

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pendidikan Pancasila1. Hukum Perdata
2. Hukum dan Hak Azasi Manusia2. Etika Profesi Hukum
3. Hukum Kepailitan3. Filsafat Hukum
4. Masalah Aktual Hukum Perdata4. Praktik Peradilan Perdata
5. Perbandingan Hukum Perdata5. Hukum Anti Monopoli dan Persaingan Usaha
6. Hukum Penanaman Modal Asing
7. Hukum Perbuatan Melawan Hukum

´╗┐Imam Asmarudin, SH. MH.

Kelahiran Brebes, 25 Mei 1981. diawali menjadi Asisten Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 2009. Alumni Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Lulus Sarjana Hukum Tahun 2006 dan selesai menempuh pendidikan Program Magisterpada Program Studi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2011.

Lulus Sertifikasi Dosen Tahun 2014 sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum.

Menjabat Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan memasuki periode yang ke 2 sejak Tahun 2015 sampai dengan 2023 nanti. Advokad (Pengacara/Penasehat Hukum) adalah profesi lain selain sebagai Dosen di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal.

“Sederhana, Berdedikasi dan Penuh Komitmen dalam menjalankan Amanah untuk kemajuan Lembaga”

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Internasional1. Hukum Acara Tata Usaha Negara
2. Hukum & Kebijakan Publik2. Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
3. Hukum Otonomi Daerah3. Perancangan Perundang-Undangan
4. Hukum & Hak Azasi Manusia4. Praktik Peradilan Perdata
5. Praktek Peradilan Mahkamah Konstitusi5. Praktik Peradilan Administrasi
6. Hukum Perjanjian Internasional
7. Hukum Acara Tata Usaha Negara Lanjut

Dr. Imawan Sugiharto, SH. MH.

mengawali karier sebagai Dosen Fakultas Hukum sejak Tahun 1984.

Menempuh pendidikan Sarjana Hukum Jurusan Ketatanegaraan di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro tahun 1983, menyelesaikan pendidikan Magister Hukum di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Program Doktor Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum periode tahun 1988-1998, aktif didalam dan luar kampus sebagai Narasumber, Sosialisasi dan Tokoh Masyarakat.

Salah satu Pakar Hukum Tata Negara di Universitas Pancasakti Tegal ini selain menjadi Dosen juga berprofesi sebagai Advokad (Pengacara/Penasehat Hukum), selain itu pula sekarang menjabat sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2009, dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Ilmu Negara1. Hukum Tata Negara
2. Hukum Otonomi Daerah2. Hukum Acara Tata Usaha Negara
3. Praktek Peradilan Mahkamah Konstitusi3. Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
4. Hukum Acara Tata Usaha Negara Lanjut4. Perancangan Perundang-Undangan
5. Perbandingan Hukum Tata Negara5. Praktik Peradilan Administrasi

Dr. Hamidah Abdurrachman, SH. M.Hum.

Kelahiran Tanjung Pinang, 22 Oktober 1956, merupakan salah satu Dosen Senior di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, menempuh Pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Satya Wacana Salatiga dengan Jurusan Pidana tahun 1981, menyelesaiakan Pendidikan Magister Ilmu Hukum dengan gelar Magister Humaniora di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang dan melanjutkan Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung.

Dosen DPK Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah ini mengawali karier menjadi Dosen sejak tahun 1983, masuk sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal pada tahun 1984. Aktif dalam kegiatan didalam dan luar kampus sebagai Narasumber, Sosialisasi, Tokoh Masyarakat dll.

Mantan Anggota Kompolnas RI (Komisioner Komisi Polisi Nasional) Periode Tahun 2012-2017 ini pernah menduduki jabatan sebagai Pembantu Rektor I pada tahun 2000-2005, Pembantu Rektor III Antar Waktu pada tahun 2006-2008. Menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Awal Tahun 2011-2012.

Jabatan sekarang adalah sebagai Direktur Pasca Sarjana Universitas Pancasakti Tegal.

Lolos Sertifikasi Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum tahun 2011 dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pengantar Hukum Indonesia1. Hukum Pidana
2. Hukum & Hak Azasi Manusia2. Metodologi Penelitian & Penulisan Hukum
3. Hukum Pidana Lanjut 3. Hukum Pidana Anak
4. Metodologi Penelitian & Penulisan Hukum 4. Penologi
5. Masalah Aktual Hukum Pidana
6. Perbandingan Hukum Pidana

Dr. Eddhie Praptono, SH. MH.

Kelahiran Purwokerto, 17 Juli 1957, mengawali karier sebagai Dosen di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak tahun 1986.

Menyelesaikan pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang dengan Jurusan Keperdataan, menempuh pendidikan Magister Hukum Program Studi Ilmu Hukum di Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Program Doktor Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Pernah menjabat sebagai PJS Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal tahun 1994.

Dosen Rumpun Perdata ini selain berprofesi sebagai Tenaga Pendidik juga berprofesi sebagai Advokad (Pengacara/Penasihat Hukum) aktif didalam dan diluar kampus, aktif dalam berbagai organisasi antara lain Pengurus PERADI, Pengurus Daerah XI FKPPI Jawa Tengah dll. selain itu juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal dan jabatan sekarang sebagai Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2009, dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pengantar Ilmu Hukum1. Hukum Asuransi
2. Hukum Dadang2. Hukum Perusahaan dan Transportasi
3. Hukum Kekayaan Intelektual3. Etika Profesi Hukum
4. Masalah Aktual Hukum Dagang4. Praktik Peradilan Perdata
5. Hukum Perbankan5. Hukum Anti Monopoli dan Persaingan Usaha

Dr. Suci Hartati, SH. M.Hum.

Kelahiran Semarang, 5 Oktober 1955, mengawali karier sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal tahun 1988.

Menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang pada Tahun 1981 dengan Jurusan Keperdataan, menyelesaikan pendidikan Program Magister Ilmu Hukum dengan gelar Magister Humaniora di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang dan Program Doktor di Fakultas Hukum Universitas Borobudur Jakarta.

Jabatan yang pernah di Amanahkan 1988-1989 pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan I Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Pancasakti, Pembantu Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan dan Umum Tahun 1989-1993, Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan dan Umum Tahun 2010-2012, Jabatan sekarang sebagai Kepala Program Studi Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2012, dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pendidikan Pancasila1. Pendidikan Anti Korupsi
2. Hukum Adat2. Hukum Waris (Adat & BW)
3. Filsafat Hukum3. Filsafat Hukum
4. Hukum Kependudukan4. Hukum Keluarga dan Harta Perkawinan

Dr. Fajar Ari Sudewo, SH. MH.

Kelahiran Salatiga, 6 Juni 1960, berkarier menjadi Dosen Fakultas Universitas Pancasakti Tegal sejak tahun 1994.

Menempuh Pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Satya Wacana Salatiga dengan Jurusan Pidana tahun 1989, menyelesaiakan Pendidikan Magister Ilmu Hukum dengan di Universitas Diponegoro Semarang dan melanjutkan Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Dosen Rumpun Pidana ini selain berprofesi sebagai Tenaga Pendidik juga berprofesi sebagai Advokad (Pengacara/Penasihat Hukum) di Kantor Penasehat Hukum Fajar Ari Sudewo dkk yang beralamat di Mejasem Tegal, aktif didalam dan diluar kampus, saat ini di Amanahkan menjabat sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Pancasakti Tegal.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2013

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pengantar Hukum Indonesia1. Hukum Lingkungan
2. Hukum Acara Pidana Lanjut2. Hukum Acara Pidana
3. Vitimologi3. Praktik Peradilan Pidana
4. Penologi

Dr. Mukhidin, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 21 Juli 1961, berkarier sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal tahun 1992

Menempuh Pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, melanjutkan Pendidikan Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Program Doktor di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Dosen Rumpun Perdata ini selain berprofesi sebagai Tenaga Pendidik juga berprofesi sebagai Advokad (Pengacara/Penasihat Hukum), pernah menjabat sebagai Dekan Antar Waktu Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2012-2015.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2010

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Kepailitan dan Jaminan1. Hukum Perkawinan dan Waris Islam
2. Hukum Agraria2. Hukum Acara Perdata
3. Perbuatan Melawan Hukum3. Perancangan Kontrak
4. Hukum Keluarga dan Harta Perkawinan4. Perbuatan Melawan Hukum Perdata
5. Hukum Monopoli dan Persaingan5.Klinis Hukum

Dr. Mohamad Khamim, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 17 Pebruari 1961, sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 1988.

Menempuh Pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, melanjutkan Pendidikan Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Program Doktor di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Jabatan yang pernah di Amanahkan antara lain sebagai Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2011 – 2015, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Umum Tahun 2019-2023

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2011

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pendidikan Agama1. Pendidikan Anti Korupsi
2. Hukum dan Kebijakan Publik2. Hukum Administrasi Negara
3. Hukum Otonomi Daerah3. Hukum Islam
4. Masalah Aktual Hukum Administrasi Negara4. Hukum Perkawinan dan Waris Islam
5. Hukum dan Perubahan Sosial
6. Hukum Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah
7. Hukum Keuangan Negara

Dr. Nuridin, SH. MH.

Kelahiran Brebes, 10 September 1960, sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 1993.

Menempuh Pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, melanjutkan Pendidikan Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Program Doktor di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Jabatan yang pernah di Amanahkan antara lain Pembantu Dekan II Bidang Keuangan & Umum Tahun 2007-2011, Wakil Dekan I Bidang Akademik 2011-2015, Dekan Fakultas Hukum Tahun 2015-2019, dan Jabatan sekarang sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Tahun 2019-2023

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2011

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Ketenaga Kerjaan dan Kepegawaian1. Hukum Waris (Adat dan BW)
2. Hukum Agraria2. Hukum Acara Perdata
3. Hukum Acara Perdata Lanjut3. Hukum Penyelesaian Sengketa Hub. Industrial
4. Tata Guna Tanah4. Hukum Peralihan Hak atas Tanah dan Guna Bangunan
5. Hukum Waris Adat

Dr. Evy Indriasari, SH. SpN. MH.

Kelahiran Suradadi Tegal, 5 Maret 1975 merupakan Alumni Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 1998 ini mengawali karier sebagai Dosen Fakultas Hukum sejak Tahun 2007, selain menjadi Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal juga sebagai Notaris di Wilayah Tegal dan sekitarnya.

Menempuh Pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, melanjutkan jenjang pendidikannya dengan Spesialis dalam Bidang Hukum Program Studi Notariat di Universitas Indonesia Jakarta, kemudian menempuh Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, menyelesaikan Program Pendidikan Doktor Ilmu Hukum di Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Agraria1. Hukum Perdata
2. Hukum Kepailitan dan Jaminan2. Hukum Waris (Adat dan BW)
3. Masalah Aktual Hukum Agraria3. Perancangan Kontrak
4. Penyelesaian Sengketa Agraria4. Hukum Properti
5. Tata Guna Tanah5. Reforma Agraria
6. Hukum Peralihan Hak Atas Tanah & Hak Guna Tanah

Siswanto, SH. MH.

Kelahiran Kutosari Purbalingga, 13 Desember 1964, merupakan Dosen DPK Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, mengawali karier menjadi Dosen sejak tahun 1994, masuk sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, Aktif dalam kegiatan didalam dan diluar kampus sebagai Saksi Ahli di Pengadilan Negeri, Narasumber, Sosialisasi, Tokoh Masyarakat dll.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum Bidang Ilmu Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Tahun 1990 dan menyelesaikan Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2010 dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pendidikan Kewarganegaraan1. Hukum Pidana
2. Pengantar Ilmu Hukum2. Hukum Acara Pidana
3. Sistem Peradilan Perdata3. Hukum Pidana Khusus
4. Perbuatan Melawan Hukum Pidana
5. Hukum Pidana Anak
6. Sistem Peradilan Pidana Anak

Toni Haryadi, SH. MH.

Kelahiran Pemalang, 20 April 1958, berkarier sebagai Dosen sejak tahun 1986 sebagai Dosen DPK Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, masuk menjadi Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal mulai Tahun 1997.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Tahun 1984 dengan Jurusan Hukum Tata Negara, menyelesaikan Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Jabatan yang pernah di Amanahkan antara lain sebagai Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2007-2011, Pejabat Wakil Dekan II Bidang Keuangan & Umum Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2011-2015, Aktif dalam kegiatan didalam dan diluar kampus sebagai Narasumber, Sosialisasi, Tokoh Masyarakat dll.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2010 dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Ilmu Negara1. Hukum Tata Negara
2. Hukum dan Kebijakan Publik2. Hukum Administrasi Negara
3. Hukum Acara Tata Usaha Negara Lanjut3. Hukum Acara Tata Usaha Negara
4. Masalah Aktual Hukum Tata Negara4. Hukum Keuangan Negara
5. Hukum dan Politik5. Hukum Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah

Dwijoyo Hartoyo, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 6 Agustus 1964, berkarier sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 1992.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum Bidang Ilmu Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Tahun 1989 dan menyelesaikan Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, selain menjadi Dosen juga aktif sebagai Advokad (Pengacara/Penasehat Hukum)

Jabatan yang pernah di Amanahkan antara lain sebagai Kepala Biro Administrasi Umum (BAU) Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2005-2008, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2009-2012.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2010 dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pengantar Ilmu Hukum1. Pendidikan Anti Korupsi
2. Hukum Pidana Lanjut2. Hukum Pidana
3. Hukum Acara Pidana Lanjut3. Hukum Acara Pidana
4. Masalah Aktual Hukum Pidana4. Hukum Pidana Khusus
5. Hukum Pidana Anak5. Praktik Peradilan Pidana

Ratna Riyanti, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 28 Nopember 1970, sebagai Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 1999

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang Tahun 1995, menyelesaikan Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Jabatan yang pernah diamanahkan antara lain sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2011-2012, Sekretaris Program Studi Magister Hukum Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2015-2019

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2011

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Pajak1. Hukum Tata Negara
2. Hukum Otonomi Daerah2. Hukum Administrasi Negara
3. Hukum Kependudukan3. Hukum dan Perubahan Sosial
4. Masalah Aktuah Hukum Tata Negara4. Perbandingan Konstitusi
5. Hukum Mahkamah Konstitusi5. Judicial Review

Soesi Idayanti, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 27 Agustus 1964 menjalani karier sebagai Dosen sejak Tahun 1999.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum Bidang Ilmu Keperdataan di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang Tahun 1990, menyelesaikan Pendidikan Program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Jabatan sekarang senbagai Ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2019.

Lulus Sertifikasi Dosen sebagai Dosen Profesional Bidang Ilmu Hukum Tahun 2012.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Dagang1. Hukum Perdata
2. Hukum Pajak2. Hukum Asuransi
3. Masalah Aktual Hukum Perdata3. Hukum Perusahaan dan Transportasi
4. Masalah Aktual Hukum Dagang4. Hukum Perbankan
5. Hukum Perlindungan Konsumen5. Hukum Perlindungan Konsumen
6. Kapita Selekta Hukum Bisnis

Gufron Irawan, SH. M.Hum.

Kelahiran Semarang, 5 Mei 1955, menjadi Dosen Tidak Tetap Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak Tahun 1984 dan menjadi Dosen Tetap mulai Tahun 2011 selepas Pensiun dari pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemda Kabupaten Tegal.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum Jurusan Keperdataan di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang Tahun 1982 dan menyelesaikan Pendidikan Program Magister Humaniora Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini aktif didalam dan diluar kampus, Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Daerah Kabupaten ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Keuangan & Umum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2015-2018.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Adat1. Pendidikan Anti Korupsi
2. Hukum Ketenagakerjaan dan Kepegawaian2. Hukum Administrasi Negara
3. Hukum Keuangan Negara3. Hukum Penyelesaian Sengketa Hub. Industrial
4. Hukum Waris Adat4. Hukum Keuangan Negara
5. Hukum Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah

Fajar Dian Aryani, SH, MH.

Kelahiran Purwokerto, 8 Agustus 1977 merupakan Alumni Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, aktif dalam organisasi Kemahasiswaan baik tingkat Fakultas maupun tingkat Universitas.

Menjadi Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal sejak alih stastus dari Tenaga Kependidikan menjadi Tenaga Pendidik (Dosen) mulai Tahun 2018.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 1998 dan menyelesaiakan Pendidikan Magister Hukum Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Dagang1. Hukum Perdata
2. Hukum Pajak2. Hukum Lingkungan
3. Hukum dan Hak Azasi Manusia3. Hukum Asuransi
4. Hukum Kepailitan dan Jaminan4. Hukum Pidana Khusus
5. Hukum Kekayaan Intelektual5. Penologi
6. Sistem Peradilan Pidana6. Kejahatan Koorporasi
7. Hukum Perlindungan Konsumen

Kus Rizkianto, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 9 Juni 1985

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum Spesifikasi Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2007 dan menyelesaikan Pendidikan Program Magister Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Diponegoro Semarang.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal ini menjadi Asisten Dosen sejak Tahun 2009 – 2015 menjadi Dosen Tetap Tahun 2016, aktif didalam dan diluar kampus, pernah menjabat sebagai Sekretaris Gugus Jaminan Mutu Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, jabatan sekarang adalah sebagai Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Hukum di Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal per Mei 2019.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum dan Hak Azasi Manusia1. Hukum Pidana
2. Hukum Pidanan Lanjut2. Hukum Acara Pidana
3. Hukum Acara Pidana Lanjut3. Praktek Peradilan Pidana
4. Perbandingan Hukum Pidana4. Perbuatan Melawan Hukum Pidana
5. Kejahatan Koorporasi

Tiyas Vika Widyastuti, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 19 Mei 1987

Merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2009.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum Spesifikasi Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2009 dan menyelesaikan Pendidikan Program Magister Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Diponegoro Semarang.

Menempuh Pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2009 dan menyelesaikan Pendidikan Program Magister Program Studi Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Diponegoro Semarang.

Menjadi Asisten Dosen sejak Tahun 2009 – 2016, menjadi Dosen Tetap mulai Tahun 2017 dan jabatan sekarang sebagai Sekretaris Program Studi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal mulai Tahun 2018.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pengantar Hukum Indonesia1. Hukum Perdata
2. Hukum Ketenagakerjaan dan Kepegawaian2. Hukum Lingkungan
3. Hukum Agraria3. Metodologi Penelitian Hukum
4. Metodologi Peneliatan dan Penuliasan Hukum4. Hukum Kelautan
5. Perbandingan Hukum Perdata5. Hukum Properti
6. Penyelesaian Sengketa Agraria6. Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian
7. Lembaga-Lembaga Internasional

Muhammad Wildan, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 27 Oktober 1988

Menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2013, melanjutkan Pendidikan Magister Ilmu Hukum di Program Pascasarjana Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Salah satu dosen muda ini menjadi Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal ini mulai Tahun 2018, aktif dalam kegiatan Fakultas dan menjabat sebagai Sekretaris Dekanat Fakultas hukum Universitas Pancasakti Tegal dan Sekretaris Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2019.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Hukum Adat1. Hukum Perdata
2. Hukum Ketenagakerjaan dan Kepegawaian2. Hukum Islam
3. Hukum Agraria3. Hukum Penyelesaian Sengketa Hub. Industrial
4. Hukum Peralihan Hak Atas Tanah dan Hak Guna Tanah
5. Hukum Properti

Erwin Aditya Pratama, SH. MH.

Kelahiran Tegal, 29 Agustus 1990

Menempuh pendidikan Sarjana di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang Tahun 2013, melanjutkan Pendidikan Magister Ilmu Hukum di Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Menjadi Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal ini mulai Tahun 2018, aktif dalam kegiatan Fakultas, Tim Penerbitan Jurnal Fakultas Hukum Universitas Pancasakti tegal dan menjadi anggota Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2019.

Pengampu Mata Kuliah

GasalGenap
1. Pendidikan Kewarganegaraan1. Hukum Administrasi Negara
2. Hukum Internasional2. Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
3. Perancangan Perundang-Undangan
4. Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian