Fakultas Hukum UPS Tegal Terbitkan Buku Dari Skripsi Lulusan Terbaik

* Priandina Rizki Rahayu Raih IPK 3,97

By redaksismpantura.com rio Last updated Mar 17, 2020

CALON WISUDAWAN : Dekan FH UPS Tegal Dr Achmad Irwan Hamzani MAg didampingi Wakil Dekan, saat melepas calon wisudawan untuk mengikuti wisuda tingkat universitas.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

TEGAL – Terobosan menarik dilakukan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (UPS) Tegal. Fakultas yang mengantongi Akreditasi A dari BAN-PT, kini tengah menerbitkan buku yang bersumber dari skripsi lulusan atau wisudawan terbaik fakultas tersebut.

Hal itu diungkapkan Dekan FH UPS Tegal Dr Achmad Irwan Hamzani MAg, saat melepas 159 calon wisudawan, yang digelar di sebuah hotel di Kota Tegal, Sabtu pekan lalu.

”Target kami, ada 10 buku yang diterbitkan dari skripsi mahasiswa, salah satunya milik lulusan terbaik. Jadi kami pilih yang skripsi yang menarik dari seluruh wisudawan fakultas kami. Kalau skripsi dari lulusan atau wisudawan terbaik, sudah pasti akan kami terbitkan menjadi buku,” terang dia, yang disambut aplaus hangat calon wisudawan, tamu undangan, Ketua Yayasan Pendidipan Pancasakti (YPP) Dr Imawan Sugiharto SH MH, Wakil Ketua Dr Eddhie Praptono SH MH, Rektor UPS Prof Dr Fakhruddin MPd, dan seluruh dekan dilingkungan perguruan tinggi tersebut.

Menurut dia, buku yang diterbitkan bersumber dari skripsi wisudawan fakultasnya, juga akan didaftarkan untuk memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Bahkan akan diterbitkan di jurnal ilmiah.

”Buku-buku ini dan yang dapat diterbitkan pula di jurnal ilmiah, tentu akan menjadi bahan literasi seluruh civitas akademika. Buku ini kelak dapat dibaca di perpustakaan fakultas, juga perpustakaan universitas,” terang dia.

Lulusan Terbaik

Dia mengungkapkan, dalam pelepasan calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda tingkat universitas, ada enam lulusan terbaik.

Salah satunya diraih Priandina Rizki Rahayu Raih yang mampu meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,97.

Atas nama calon wisudawan fakultas itu, Priandina Rizki Rahayu menyampaikan pesan dan kesannya.

”Apa pun predikat kelulusan kita, semoga tidak menjadikan kita angkuh maupun rendah diri. Sepantasnya kita bersyukur atas predikat kelulusan yang kita raih. Karena bersyukur sesungguhnya lebih baik dari apa pun,” ucap dia.

Pelepasan calon wisudawan juga diisi orasi ilmiah Guru Besar Undip Semarang, Prof Dr Kholis Roisah SH MHum. Dia menyampaikan orasi ilmiah bertajuk ”Peran Profesi Hukum dalam menjawab tantangan Omnibuslaw”.

Sementara itu Rektor UPS Tegal Prof Dr Fakhruddin MPd mengatakan, calon wisudawan tersebut sebenarnya sudah berhasil meraih tiket amunisi untuk bisa meraih sukses.

Dia berpesan, para lulusan fakultas itu agar setiap melangkah, mintalah restu orang tua dan gunakan ilmu yang didapat dengan bijak. ”Maka Insya Allah akan meraih sukses,” ucap Rektor.

Menjadi Sukses

Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH juga menyampaikan kesannya. Dia merasa bangga dengan para alumni UPS Tegal, yang sudah banyak menjadi orang sukses.

Sampai saat sekarang, Fakultas Hukum UPS Tegal telah banyak mencetak lulusan-lulusan yang handal.
Terbukti banyak lulusan fakultas tersebut yang sekarang banyak meraih kesuksesan di berbagai bidang. Mulai dari dosen, pengacara, notaris, dan banyak lagi di bidang-bidang lain.

Fakultas hukum UPS Tegal merupakan satu-satunya program studi perguruan tinggi swasta yang sudah Terakreditasi A (Unggul) di Eks Karesidenan Pekalongan.

Ke depan Fakultas Hukum tersebut harus terus memajukan kualitas sebagai perguruan tinggi swasta yang unggul.

”Yakni, dengan visi menjadi lembaga pendidikan tinggi hukum yang unggul dalam pengembangan literasi hukum, dan berwawasan global pada Tahun 2028,” tandas dia, yang disambut aplaus hangat.(Riyono Toepra-red07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *