Pandemi Bukanlah Halangan untuk Tetap Berkreasi Oleh: Rohimatus Zahroh, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal

Pandemi Bukanlah Halangan untuk Tetap Berkreasi

Oleh: Rohimatus Zahroh, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal

Pada tanggal 2 Maret 2020 kasus Virus Corona pertama kali diumumkan oleh Presiden Jokowi di Istana Presiden. Pada kasus pertama kali diumumkan itu Indonesia telah ada dua orang yang terinfeksi. Semakin lama virus ini berkembang dengan sangat cepat dan semakin hari semakin bertambah kasus orang yang positif terinfeksi virus ini.

Sampai sekarang pada tanggal 29 Januari 2021 dilansir dari salah satu web berita PikiranRakyat.com Indonesia berada di tingkat 12 sebanyak (+13.695) kasus. Hal ini membuat masyrakat Indonesia terus melakukan Work From Home ataupun Pembatasan Sosial Berskala Besar baik dalam pekerjaan maupun dalam pendidikan demi mengurangi angka kasus positif covid 19 ini.

Meskipun sudah ada kebijakan seperti itu, angka positif covid 19 di Indonesia saat ini semakin meningkat. Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi kebijakan tersebut. sebenarnya semua warga Indonesia punya peran dan tugas dalam membantu menghadapi masa seperti ini, tak terkecuali generasi muda. Peran generasi muda ini sangatlah besar, sebagai sosok yang muda, dinamis, penuh energi, optimis, sangat diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Salah satu gerakan yang bisa kita lakukan adalah Stay At Home (tetap dirumah), menjaga jarak, serta menggunakan masker, tak lupa juga sering mencuci tangan menggunakan sabun atau memakai handsanitizer setiap saat setelah melakukan kegiatan tertentu. Menurut pemerintah yang terpenting adalah menjaga kontak fisik dengan orang lain dan juga meliburkan seluruh kegiatan yang bersifat berkerumun seperti meliburkan sekolah (menggantikannya dengan sistem pembelajaran Online). Namun, sebagian pihak menganggap bahwa kebijakan pemerintah meliburkan sekolah adalah kesempatan emas untuk berlibur bersama keluarga.

Disinilah peran generasi muda untuk membantu orang-orang disekitar kita meninggalkan pikiran masyarakat yang seperti itu.Masa Pandemi virus covid 19 telah memberi dampak yang tak kondusif terhadap berbagai sektor. Namun, hal itu tak membuat kita sebagai generasi muda untuk patah semangat, justru kita harus memberikan contoh untuk masyarakat sekitar harus tetap bangkit dan semangat. salah satu yang dapat kita lakukan adalah seperti mengikuti webinar, diskusi secara virtual, menciptakan karya dan kreativitas yang baru.Banyak generasi muda yang dimasa Pandemi seperti sekarang ini justru lebih sering berkarya di sosial media.

Salah satunya dalam aplikasi aplikasi seperti tiktok, menulis wattpad, menulis blog, membuat podcast, membuat video youtube dengan konten dirumah aja atau diskusi dirumah. Dan kita juga dapat menikmati edukasi-edukasi yang ada di sosial media seperti menonton diskusi dalam chanel Youtube nya Gita Savitri, Najwa Shihab, dan tokoh tokoh lainnya yang dapat menambah pengetahuan kita di masa Pandemi.Selain itu kita dapat mencoba untuk menulis blog.

Mengeluarkan seluruh isi pikiran kita sambil melatih kemampuan kita untuk menulis. Ada salah satu aplikasi selain blog yang dapat melatih kemampuan menulis kita, seperti Wattpad. Banyak generasi muda khususnya anak yang suka dengan menulis membuat karya di aplikasi tersebut dan tak jarang juga yang karyanya sampai diangkatoleh penerbit lalu menjadi sebuah buku. Jika dijual lumayan untuk pemasukan keuangan kita saat ini.

Ada juga yang membuat podcast baik berupa audio maupun video. Dengan membuat podcast kita bisa membuat konten diskusi. Hal-hal disekitar bisa dijadikan bahan untuk diskusi sehingga membuat kita lebih mengetahui banyak hal. Sangat produktif kan? Kita jadi tahu bagaimana membuat podcast, bagaimana mencari info yang lebih valid, bagaimana mengolah kemampuan kita berbicara di hadapan publik. Semuanya bisa kita lakukan dengan berbagai cara untuk menjaga agar kondisi saat ini bisa kita jadikan kondisi yang produktif.

Di masa seperti sekarang ada juga yang dikenal dengan istilah Generasi Rebahan, bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya memancing gairah untuk berjumpa dengan orang lain secara virtual atau yang biasa kita kenal dengan webinar dan seminar. Dengan kita mengikuti kegiatan seperti itu membuat kita semakin bertambah pengetahuan kita terhadap sekitar.

Biasanya kondisi seperti sekarang ini menurunkan pemasukan keuangan kita. Sampai pada akhirnya kita bingung bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan kita. Solusinya adalah berkreasi atau membuat kerajinan yang menghasilkan nilai jual. Biasanya ibu-ibu bahkan gadis-gadis remaja membuat masakan yang nantinya akan dijual disebuah aplikasi sosial media seperti Instagram. Jika ada psanan tinggal menggunakan jasa pesan antar untuk mengantarkan makanan tersebut ke rumah konsumen. Mudah bukan? Sosial media seperti sekarang ini mampu menghasilkan uang, membuat kreativitas, menghasilkan karya, melatih kemampuan kita di berbagai bidang. Semuanya bisa kita lakukan secara Online.

Hal ini dapat membuat kita sebagai generasi muda dapat memberikan contoh kepada masyarakat sekitar agar dapat melakukan perubahan dan tetap produktif walau dirumah aja.Dengan solusi-solusi tersebut semoga bisa membantu pemerintah dan tenaga medis untuk mengurangi angka kasus positif Covid 19 di Indonesia. Sehingga keadaan bisa kembali normal seperti semula. Dan aktivitas diluar rumah sapat segera dilakukan.

Mengingat semakin banyaknya masyarakat yang sudah ingin cepat-cepat masa Pandemi ini selesai, sehingga tidak ada warga yang jatuh sakit dan meninggal dunia. Perlu mengubah mindset, bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai creator. Agar sebagai generasi muda tetap menjalankan kegiatan secara produktif dan menciptakan karya-karya baru.Oleh: Rohimatus Zahroh, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal

https://baladena.id/pandemi-bukanlah-halangan-untuk…/

Pandemi Bukanlah Halangan untuk Tetap Berkreasi | Baladena.ID

baladena.idPandemi Bukanlah Halangan untuk Tetap Berkreasi | Baladena.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *