FH UPS latih mahasiswa mahir hukum acara sampai perjanjian internasional

FH UPS latih mahasiswa mahir hukum acara sampai perjanjian internasional

Amal Nur Ngazis – Hops.ID21/11/2021 12:41

Pelatihan kemahiran hukum Fakultas Hukum UPS Tegal

[Hukum Universitas Pancasakti Tegal (FH UPS) menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) selama 2 hari, 5-6 Nopember 2021. Mahasiswa FH UPS wajib dan dikader untuk mahir dalam hukum acara sampai perjanjian internasional lho.

PLKH merupakan acara rutin tiap tahun yang diselenggarakan untuk mahasiswa semester VII sebagai salah satu Mata Kuliah Praktikum.

PLKH memberikan bekal memperkuat kemampuan mahasiswa dalam hukum acara sesuai program studi, selain itu juga dalam rangka memberikan penguatan dalam aspek keterampilan khusus.

Mahasiswa FH UPS diberi bekal mulai dari materi cara mengajukan gugatan, teknik penyidikan, hingga putusan baik di Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Tata Usaha Negara. Selain itu, mahasiswa juga meningkatkan kemampuan legal drafting, menyusun kontrak, membuat akta, hingga perjanjian internasional (international agreement).

Pelatihan kemahiran hukum ini diisi oleh 9 sumber yaitu Imawan Sugiharto (Dosen Fakultas Hukum UPS); Mukhidin (Dosen Fakultas Hukum UPS); Kholis Roisah (Guru Besar Fakultas Hukum UNdip); Restu Permadi (Hakim PN Pare-Pare); Suhardi Soemomulyono (Advokat); Trisoko Sugeng (Hakim Tata Usaha Negara Semarang); Imam Asamarudin (Dosen Fakultas Hukum UPS); Arie Trifantoro (Kejaksaan Negeri Toli-Toli) serta dari Polres Tegal Kota.

Setalah bekal materi, selanjutnya mahasiswa diterjunkan ke Pengadilan Negeri selama 2 pekan yaitu di Pengadilan Negeri Pemalang, Pengadilan Negeri Kota Tegal, Pengadilan Negeri Kabupaten Tegal, dan Pengadilan Negeri Kabupaten Brebes.

Penerjunan ke pengadilan ini agar mahasiswa dapat menyaksikan langsung persiapan, dengan melihat langsung ke persidangan.

Praktik peradilan semu
Peradilan semu Fakultas Hukum UPS Tegal
Peradilan semu Fakultas Hukum UPS Tegal. Foto fh.upstegal.ac.id
Selanjutnya, mahasiswa melakukan praktek Peradilan Semu (Moot Court) yang dilakuan secara hybrid, yaitu kombinasi memikat dan berani.

Dekan Fakultas Hukum UPS, Dr. Achmad Irwan Hamzani menyampaikan PLKH sangat penting memperkuat bekal mahasiswa FH UPS agar memiliki keterampilan khusus yang lebih di bidang hukum acara sesuai dengan visi arsitektur maupun program yang menonjolkan kemampuan hukum acara.

Melalui kegiatan PLKH, mahasiswa bekal teori, praktis, hingga mampu menerapkan melalui kegiatan Moot Court atau peradilan semu.

https://www.hops.id/fh-ups-perjanjian-internasional/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *