Perkuat Peran Kelembagaan Panwaslu, Dekan FH Berikan Materi Giat Bawaslu Pemalang

Alihkan navigasi
Perkuat Peran Kelembagaan Panwaslu, Dekan FH Berikan Materi Giat Bawaslu Pemalang
OlehMerah
Perkuat Peran Kelembagaan Panwaslu, Dekan FH Berikan Materi Giat Bawaslu Pemalang Dok SPNKrt.foto:(dok untuk spn)
SINARPAGINEWS.COM, PEMALANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang melaksanakan kegiatan Konsolidasi Kebijakan Bawaslu Kabupaten Pemalang dengan Panwaslu Kecamatan se-kabupaten Pemalang bertempat di The Winner Hotel Pemalang, Selasa (12/9/2023). Bertema bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu menegakkan keadilan pemilu.
Pada kegiatan tersebut dihadirkan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal (FH UPS) Dr. H. Achmad Irwan Hamzani . Beliau dalam pemaparannya mengambil tema penguatan peran kelembagaan Panwaslu AD HOC.
Ada beberapa poin yang disampaikan, satu diantaranya mengapa diperlukan konsolidasi?..
Dikatakan Irwan, bahwa sebetulnya konsilidasi pengawas pemilu sangat diperlukan untuk mengawasi pemilu serentak 2024. Selain itu, guna mengefektifkan tata dan pola kerja pengawasan.
Disampakan Irwan, pihaknya juga menyampaikan beberapa hal diantaranya unsur panawaslu, peran panwaslu dan fungsi konsolidasi.
Dikatakan, bahwa Pemilu yang bermartabat melakukan beberapa hal diantaranya memperkuat soliditas, integritas, mentalitas dan memperkuat profesionalitas dalam bekerja.
Beliau juga menyampaikan peran strategis Panwaslu dan menyampaikan visi bawaslu yakni menjadi lembaga pemilu yang terpercaya. Kunci bisa dipercaya masyarakat adalah dengan melakukan penguatan kelembagaan, meningkatkan kapasitas, paham tugas dan pengawasan dan melakukan pencegahan dan penindakan.
Dilanjutkan, pengawasan partisipatif juga perlu dilakukan dengan mengajak milenial. Acara dihadiri oleh panwascam dan tamu undangan lainnya.(hid/adv)
Editor: A.Wahidin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *