Bawaslu Kota Tegal Gelar Rapat Pembahasan Dan Perencanaan Program, Hadirkan Narasumber Dari FH UPS

Bawaslu Kota Tegal Gelar Rapat Pembahasan Dan Perencanaan Program, Hadirkan Narasumber Dari FH UPS

Bawaslu Kota Tegal Gelar Rapat Pembahasan Dan Perencanaan Program, Hadirkan Narasumber Dari FH UPS Dok Humas
Bawaslu Kota Tegal Gelar Rapat Pembahasan Dan Perencanaan Program, Hadirkan Narasumber Dari FH UPS Dok Humas
SINARPAGINEWS.COM, TEGAL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tegal melaksanakan rapat pembahasan perencanaan program dan anggaran pengawasan penyelenggaraan pemilu 2024 Bertempat di RM. Dapoer tempo doeloe, Senin (15/1/2024).
Acara mengambil tema bersama rakyat awasi pemilu bersama bawaslu tegakan keadilan pemilu. Acara dihadiri kepala sekretariat , Bendahara dan staf PNS panwaslu kecamatan se kota Tegal serta hadirkan narasumber dari dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (FH UPS) Fajar Dian Aryani, SH.,MH.
Dalam materinya, Fajar Dian Aryani, SH.,MH menyampaikan sesuai dengan amanat undang undang no.17/2003 tentang keuangan negara (UU 17/2003) penyusunan anggaran oleh kementerian/lembaga berpedoman pada 3 pilar sistem penganggaran yakni penganggaran terpadu, PBK, dan KPJM.
Beliau yang saat ini menjabat sebagai wakil dekan II FH UPS ini juga menyampaikan bahwa, pelaksanaan anggaran dibawaslu adalah mayoritas kegiatan dilakukan seiring dengan tahapan pemilu/pilkada sehingga sering kali kegiatan tidak berjalan sesuai dengan penyelenggaraan penyerapan secara umum berdasarkan Tahun Anggaran karena banyak hal hal lain Seperti dinamisnya dinamika politik di Indonesia.
Pada kesimpulan nya, beliau menyampaikan bahwa Dalam rangka mengefektifkan perencanaan program dan anggaran pengawasan penyelenggaraan pemilu bawaslu diantaranya melakukan reviuw atas perjalanan kinerja, menyusun rencana aksi pencapaian target kinerja, sebagai upaya mempercepat pelaksanaan akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan budaya kinerja. Dalam penyajian laporan kinerja perlu dilengkapi dengan akuntabilitas keuangan, lebih mendorong dan memperkuat penerapan budaya kinerja. Melakukan pembimbingan teknis secara masif dan tingkatkan kapasitas SDM dalam bidang akuntabilitas dan manajemen kinerja.(hid/adv).
Editor: A.Wahidin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *