Kunjungan & Monev JDIH FH UPS Oleh: JDIHN BPHN Pusat & JDIH Prov. Jateng

BPHN melakukan pembinaan dan pengembangan JDIH, banyak upaya pembinaan dan pengembangan yang telah dilakukan agar informasi dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan pendayagunaan informasi belum dapat terselenggara dengan baik.

“Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang selanjutnya disebut JDIHN adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat.”

Atas dasar itulah JDIHN BPHN Pusat bersama JDIH Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi tentang Pengelolaan JDIH baik dilingkungan Setda, Sekretaris DPRD dan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Wilayah Jawa Tengah salah satunya adalah JDIH Fakultas Hukum Universitas Pancasakti tegal.

Kunjungan Monitoring dan Evaluasi JDIH Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal yang dilakukan oleh JDIHN BPHN Pusat & JDIH Prov. Jateng yang dilaksanakan pada tanggal 24 April 2024, diharapkan dapat memberikan suport, membangkitkan semangat dan menciptakan keseriusan yang lebih dalam Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dilingkungan Perguruan Tinggi khususnya Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal agar JDIH Pendayagunaan Dokumen Hukum secara tertib, terpadu & berkesinambungan dapat tercapai sesuai dengan tujuan awal dibentuknya Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional.

Para tamu diterima oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal Dr. Achmad Irwan Hamzani didampingi Dr. Soesi Idayanti, SH. MH. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Pengelola JDIH Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal D. S. Wirawan (Kepala Laborat & Humas), Mei Sartika Indah (Kepala Perpustakaan), Tim Puskom Universitas Pancasakti Tegal Rifqi Maluana Yusqi (Ka. UPT Puskom), Izzati Nurul Iman (Staf Jaringan TIK), Ka TU Fakultas Hukum Noni Mundi Hastuti beserta Staf Tata Usaha Fakultas Hukum lainnya.

Tim Monitoring JDIHN BPHN adalah :

– Bapak Sudino (pustakawan ahli muda)
– Bapak Idham adriansyah (pranata komputer)
– Bapak Surya Adi (Pustakawan)

Adapun Tim Monitoring JDIH Provinsi Jawa Tengah antara lain :

-Deni Kristiawan (Kepala Bidang Hukum Kanwil Hukum dan HAM Jawa Tengah)

-Haryono Widyastomo (Koordinator PerUndang-Undangan)
-Amalia Rahman (Sub Koord. Pengkajian &Dok Prod Huk, & naskah lainnya)
-Bayu Agusta (Staf Umum), A. Hesti Pramudya & Moh. Rifqi Fitriansyah (Staf Teknis) Beserta Tim Monitoring lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Seluruh tamu yang hadir diperlihatkan beberapa ruangan Video Conference MKRI dan fasilitas yang di Fakultas Hukum, melihat ruangan Pengelola JDIH dan dilanjutkan Berdiskusi di ruang Perpustakaan.

Dalam kesempatan Diskusi yang di awali oleh bapak Haryono JDIH Prov. Jateng memberikan wawasan tentang pengelolaan JDIH dan memberikan saran agar dapat melakukan kerjasama dengan Biro Hukum Setda Kota Tegal dan Sekretaris DPRD Kota Tegal serta Kominfo Kota Tegal guna menunjang fasilitas dan pemanfaatan JDIH Fakultas Hukum UPS Tegal, beliau memberikan dukungan penuh kepada Pengelola JDIH Fakultas Hukum untuk bisa melakukan Pengelolaan JDIH semaksimal mungkin.

Perwakilan dari BPHN bapak Sudino menyampaikan bahwa untuk menunjang kinerja Pengelola JDIH Fakultas Hukum dalam Kajian Hukum, Buku-buku, Peraturan Perundang-undangan dll dapat melibatkan Mahasiswa untuk dilatih pembuatan Abstrak yang nantinya akan di unggah di laman Monografi Web JDIH Fakultas Hukum agar jumlah postingan dapat meningkat lebih banyak lagi.

Inilah catatan Hasil Evaluasi kekurangan Pengelolaan JDIH Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal yang menjadi perhatian untuk dilengkapi, antara lain sbb :

Harapan dari semua pihak agar Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal dari unsur Perguruan Tinggi kedepan agar bisa terkelola dengan lebih baik lagi, dengan segala dukungan dan upaya yang keras dari semua pihak dilingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal dan unsur lainnya dengan hasil yang terbaik.

Dr. Achmad Irwan Hamzani selakuk Dekan dan segenap Para Dekanat Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal terus memberikan dukungan materil dan moril untuk keberlangsungan Pengelolaan JDIH Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal, karena dengan adanya JDIH tentunya akan berdampak menambah poin penilaian Akreditasi BAN-PT sehingga kedepan Akreditasi Unggul bisa terus dipertahan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal.

-By. Wirawan-

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *