Yudicium Jenjang Sarjana (S1) Fakultas Hukum Universitas Pancaskti Tegal Periode Gasal TA. 2023/2024

Yudisium S1 129 Calon Wisudawan, Ini Yang Disampaikan Dekan FH Irwan Hamzani

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL – Fakultas Hukum (FH) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan Yudisium Jenjang Sarjana (S1) periode gasal 2023/2024 bertempat di Lantai 2 Kampus 2 UPS di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal pada Senin 22 April 2024. Pelaksanaan Yudisium diikuti sebanyak 129 Calon Wisudawan Prodi Ilmu Hukum.
Hadir pada kesempatan itu, Dekan FH UPS, Ketua YPP, Rektor UPS, Direktur Pascasarjana UPS, Para dekan dilingkungan UPS, Seluruh civitas akademika FH, Orangtua calon wisudawan dan ratusan calon wisudawan.
Dalam sambutannya, Dekan FH UPS Dr. H. Achmad Irwan Hamzani mengatakan, Yudisium Fakultas merupakan langkah terakhir menuju Wisuda nanti Sabtu 27 April 2024, dan itu merupakan moment bersejarah dalam perjalanan hidup anak manusia yang memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi, karena itu tidak berlebihan kalau saya menganggap ini sebagai momentum terindah dalam kehidupan Anda.
Secara kronologis, setiap mahasiswa setelah menekuni program perkuliahan dan dinyatakan selesai menyusun skripsi, maka ia berhak untuk menempuh ujian skripsi atau disebut juga sidang munaqasyah.
Tahapan berikutnya adalah menunggu yudisium, setelah dinyatakan lulus berhak menyandang Gelar Sarjana, selanjutnya mengikuti upacara wisuda dengan memakai baju toga. Secara formal, seseorang yang menyandang gelar Sarjana adalah seseorang yang sudah siap menerima tanggung jawab akademik untuk mengkontribusikan ilmunya di Masyarakat.

Lulusan Terbaik Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal

Lulusan Terbaik Kelas Reguler

1. Dewi kartika candra IPK 3.96,

2. Tedy Faizal IPK 3.92

3. Pamella Tri Hitayana IPK 3.90,

4. Putri Yuli Permatasari IPK 3.86

Lulusan Terbaik Ekstensi

5. Endah Permata Sari IPK 3.93

” saya mengucapkan selamat atas keberhasilan Anda meraih gelar Sarjana Hukum. Yakinlah, dengan ilmu dan gelar yang telah Anda peroleh, status sosial Anda naik ke level yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan firma Allah dalam Q.S. Al-Mujadilah ayat 58: “Yarfaillaha … Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat, ” Ujar Dekan.
Kepada para orang tua, dan keluarga calon wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia dan sekali lagi mengucapkan Selamat atas Keberhasilan Putra-putri Anda.
Tidak kalah pentingnya, saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Hukum atas totalitas dan komitmen dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani mahasiswa hingga mereka berhasil menyelesaikan studi.

Anda patut bersyukur, karena menjadi manusia terhormat, mendapat kesempatan mengenyam pendidikan tinggi hingga lulus, yang tentunya bisa mengangkat derajat menjadi orang terhormat di masyarakat.

Memang, wisuda merupakan puncak dari proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Akan tetapi, wisuda bukanlah ending point dalam dalam konteks long-life education, wisuda sebagai entry point, sebagai permulaan.

Dalam konsep long life education, belajar sepanjang hayat, manusia adalah makhluk pembelajar yang tidak pernah mengenal kata berhenti. Begitu pentingnya belajar, sehingga Rasulullah Saw. bersabda “Uthlubu al-ilma min al-mahdi ila lahdi “Tuntutlah ilmu dari buaian ibu hingga ke liang lahat”. Dalam hadits lain juga disebutkan “Man salaka thariqan yaltamisu … Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga” (H.R. Muslim).

Harapan kami, semoga Anda semua dapat meneruskan ke jenjang magister, ataupun Pendidikan Khusus Profesi Advokat.

Bagi yang belum diberi kesempatan menempuh ke jenjang pendidikan berikutnya, semoga dapat berkiprah dalam berbagai lapangan profesi.

Pihaknya juga berpesan walaupun Anda semua sudah menjadi alumni, semoga jalinan silaturahim tetap terjaga dengan baik. Kami berharap kepada calon wisudawan, untuk selalu menjunjung tinggi nama almamater, dan jaga nama baik almamater tercinta ini. Harapan kami juga, Anda bangga menjadi alumni Fakultas Hukum.

Kalau bangga titip pesan, Jadilah duta FH UPS dengan menunjukan kapasitas dan kapabelitas sebagai Alumni Fakultas Hukum UPS yang telah terakreditasi Unggul.

Sehingga saudara, tetatangga atau teman Anda kalau mau kuliah tidak usah jauh-jauh. Kalau zaman dahulu, ada ungkapan Arab “uthlub al-ilma walau bi al-shin” (Carilah ilmu meskipun sampai ke negeri China, tapi kalu mau kuliah Ilmu Hukum cukup di UPS saja.

Sementara itu, Rektor UPS Dr. Taufiqulloh,M.Hum mengucap selamat dan sukses kepada 129 calon wisudawan FH UPS, bahwa sebentar lagi kalian akan melangsungkan prosesi wisuda tingkat universitas pada 27 April 2024. Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada orangtua calon wisudawan yang telah menitipkan putra putrinya melanjutkan pendidikannya di UPS.

Ketua YPP Dr. H. Imawan Sugiharto, SH.MH menambahkan, perkembangan UPS semakin pesat. Kepada para calon wisudawan FH UPS, dirinya menghimbau untuk terus berkarir dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2. UPS sendiri juga memiliki program jenjang pascasarjana (S2) baik untuk prodi program pasca sarjana magister manajemen maupun program Pascasarjana magister ilmu hukum.(hid/spn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *